Pages

Thursday 19 February 2015

Mau Hidup Sehat? Perbanyak Makan Sayuran!


INDONESIA merupakan salah satu negara dengan produksi sayuran yang sangat melimpah. Tentunya tidak lain dan tidak bukan, dengan melimpahnya sayuran di Indonesia merupakan karunia yang telah diberikan oleh Allah dan wajib kita syukuri.
Allah berfirman, “Hanya sesungguhnya perumpamaan kehidupan dunia seperti air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, lalu bercampur (diserap) tumbuh-tumbuhan di bumi, diantarnya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak…” (QS. Yunus ayat 24)
“Dia menumbuhkan untuk kamu dengan air itu tanam-tanaman. Zaitun, kurma, anggur, dan bermacam-macam buah-buahan. Sesungguhnya yang demikian itu sebagai tanda bagi kaum yang memikirkan,” (QS. An-Nahl ayat 11).

Dari sudut ilmu gizi, sayuran merupakan sumber mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh.
Sebenarnya sayuran mengandung pula makronutrein yaitu protein, lemak dan karbohidrat walaupun dalam jumlah yang sedikit. Karena kandungan mineral dan vitaminnya sangat tinggi, maka untuk praktisnya sayuran dimasukkan dalam sumber mineral dan vitamin. Karenanya, untuk mendapatkan tubuh yang sehat, perbanyaklah makan sayuran. [reni/islampos]
Sumber : Tirtawinata, Tien. 2006. Makanan dalam Perspektif Al-Quran dan Ilmu Gizi:Jakarta. FKUI
sumber:https://www.islampos.com/mau-hidup-sehat-perbanyak-makan-sayuran-164982/

0 comments :

Post a Comment