Pages

Tuesday, 17 February 2015

FSLDK Indonesia Akan Gelar FSLDKN ke-17

Sumber dakwatuna.com

Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Indonesia (FSLDK Indonesia) adalah wadah bersatunya lembaga-lembaga dakwah kampus di Nusantara, yang mana memiliki tujuan untuk membentuk cendikia-cendikia muslim yang siap memberikan perubahan dan kontribusi nyata kepada masyarakat, sehingga membentuk mereka menjadi masyarakat yang madani. Namun tujuan FSLDK Indonesia tidak hanya berhenti sampai membentuk generasi madani, tapi juga memberikan perubahan secara nyata kepada bangsa dan Negara ke arah yang jauh lebih baik.

Berbicara masalah perubahan, FSLDK Indonesia memiliki perhelatan akbar yang mana disana akan berkumpul seluruh aktivis-aktivis Lembaga Dakwah Kampus (LDK) terbaik dari seluruh tanah air. Dan di perhelatan akbar itu pula para aktivis LDK akan melahirkan visi besar untuk membangun bangsa Indonesia menuju arah yang lebih baik. Perhelatan akbar itu dinamakan Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN), yang diadakan dua Tahun sekali. Saat ini, FSLDKN telah dilaksanakan sebanyak 16 kali, dan sekarang FSLDKN ke-17 akan dilaksanakan di bumi khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat pada tanggal 20-22 Februari 2015 mendatang.
Tuan rumah FSLDKN ke-17 kali ini diamanahkan kepada LDK yang ada di Pontianak, Kalimantan Barat, yaitu Badan Kerohanian Mahasiswa Islam Universitas Tanjungpura (BKMI UNTAN). BKMI UNTAN beserta FSLDK mengusung tema “Beyond The Horizon” sebagai tema utama pada FSLDKN ke-17 kali ini dengan harapan FSLDK Indonesia bisa memberikan ide-ide pemikiran yang baru dan kontribusi yang nyata dalam menciptakan generasi dan bangsa yang madani. Tidak lupa juga sang tuan rumah menargetkan target peserta dapat mencapai 1500 orang dari seluruh delegasi LDK di Indonesia, serta siap menghadirkan beberapa delegasi Mahasiswa mulsim dari Asia Tenggara.
Acara FSLDKN ke-17 secara umum terbagi menjadi dua panel kegiatan, yaitu kegiatan syiar beserta  sekolah LDK  dan kegiatan sidang FSLDK. Hal itu berarti  setiap perwakilan atau delegasi aktivis LDK yang dikirim akan terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok yang fokus untuk ikut dalam kegiatan sidang, dan mereka yang secara fleksibel untuk ikut dalam kegiatan syiar dan sekolah LDK.  Kedua panel kegiatan tersebut sama-sama dilaksanakan pada tanggal 20-22 Februari 2015, hanya saja mereka hanya akan bertemu di agenda pembukaan dan penutupan FSLDKN ke-17.
Grand Opening FSLDKN ke-17 dimulai pada tanggal 20 Februari 2015 di Auditorium UNTAN. Pada grand opening ini, panitia akan menyajikan sajian opening  berlatarkan festival kebudayaan yang siap menyajikan keragaman budaya yang ada di Indonesia. Wakil Presiden Jusuf Kalla, Rektor Universitas Tanjungpura Prof. Dr. H. Thamrin Usman,DEA, dan Walikota Pontianak Sutarmidji, SH, M.Hum, merupakan sederet tokoh yang diharapkan kedatangannya untuk menghadiri Grand Opening  FSLDKN Ke-17 di Pontianak.  Setelah Acara pembukaan tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan seminar Internasioanl dengan tema “Peluang dan tantangan dakwah kampus di era Asean Community 2015” pada hari pertama dengan pemateri Ust. Bachtiar Natsir, Dirut BI Kalbar, dan Kemenlu RI periode 2009-2014 Dr. R. M. Marty M. Natalegawa.
Pada tanggal 21 Februari 2015 atau hari kedua dari panel kegiatan syiar dilanjutkan dengan seminar pendidikan karakter, dengan tema “Mahasiswa Berintegritas Pembangun Bangsa” pada pagi harinya, dan Seminar umum dengan tema “Tuntutan dan peran keluarga muslim dalam membangun bangsa di panggung publik” di siang harinya. Seminar pendidikan berkarakter akan diisi oleh Ust. Syafii Antonio, Rektor UNTAN, dan Walikota Pontianak. Sedangkan seminar umum akan dimeriahkan dengan hadirnya Ust. Cahyadi Takariyawan dan beberapa Tokoh Daerah Kalbar lainnya. Dan pada tanggal 22 Februari 2015 atau hari terakhir FSLDKN ke-17 acara akan ditutup dengan satu seminar Aktivis LDK dengan tema, “FSLDK membangun integritas Mahasiswa untuk siap berkontribusi menyongsong Indonesia yang Madani”, serta dilanjutkan dengan aksi simpatik untuk Palestina dan Grand Closing FSLDKN ke-17 di Taman alun-alun Kapuas Pontianak.
Dan sebagai penutup, semoga acara ini benar-benar dapat memberikan kontribusi secara nyata bagi masyarakat secara khususnya, dan bangsa secara umumnya. Selamat bermusyawarah dan semoga sukses..! Allahu Akbar…!


0 comments :

Post a Comment