Pages

Thursday, 19 February 2015

Masya Allah, Ini Dia Manfaat Wudhu


BERWUDHU atau bersuci merupakan suatu aktifitas ibadah sebelum menjalani ibadah shalat. Wudhu diwajibkan bagi seiap muslim. Berwudhu dilakukan dengan mengucurkan air kepada bagian-bagian anggota tubuh yang tertentu.
Nah, ternyata Wudhu dalam pandangan medis sangat bermanfaat untuk kesehatan. Di antaranya:
Peringatan dari Rasulullah SAW akan pentingnya mensyukuri dua nikmat yang selalu melalaikan manusia yaitu nikmat kesehatan dan nikmat waktu luang.
Pertama, nikmat kesehatan, Banyak sekali manusia yang menyia-nyiakan masa ketika sehat badannya untuk hal yang tidak bermanfaat dengan tidak mendekatkan diri kepada Allah atau berbuat sesuatu yang berguna selama di dunia. Menyia-nyiakan waktu luang dan masa sehat ini berarti merugikan mereka.
Kedua. nikmat waktu luang, adalah salah satu nikmat Allah yang sering dilalaikan dan tidak mengisinya dengan hal yang bermanfaat seperti amar ma’ruf nahi munkar.
Sebuah studi baru menegaskan bahwa bilasan ke mulut dengan air dapat melindungi mulut dari penyakit gusi dan peradangan, gigi berlubang, memperkuat otot-otot mulut, wajah dan melindunginya dari infeksi saluran pernafasan.


Adapun ketika mencuci hidung dan menghirup air ke dalamnya mampu menyelamatkannya dari bakteri yang terdapat di dalamnya.
Bahkan orang-orang yang memelihara wudhu dengan baik, akan mampu melindungi hidungnya sehingga bebas dari bakteri. Dan ini akan melindungi hidung dari berbagai penyakit dan mencegah bakteri bergerak ke sistem pernafasan. Adapun ketika membasuk wajah akan membuat wajah tampak segar dan penuh vitalitas dan melindunginya dari kuman dan debu. Allah berfirman:
إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ
“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan menyucikan diri,” (Al-Baqarah: 222).
Berbagai studi lainnya juga menegaskan bahwa mencuci muka dapat membersihkan mata dari debu dan kuman.Dan melindunginya dari berbagai infeksi. Begitu pula dengan mencuci tangan akan menghapus sisa-sisa keringat yang terdapat di permukaan kulit dan membuka pori-pori kulit sehingga dapat bernapas dengan baik. Ditambah lagi dapat menghapus lemak dan minyak yang terdapat pada kulit wajah dan tangan oleh adanya sekresi kulit. Dan ini tercermin secara positif pada kondisi tubuh yang sehat, Nabi SAW bersabda:
إِسْبَاغُ الْوُضُوْءِ شَطْرُ الإِيْمَانِ
“Menyempurnakan wudhu adalah bagian dari Iman,” (HR Muslim).
Para Dokter juga mengatakan bahwa mencuci kaki dengan cara diusap dengan baik akan melindungi kulit dari infeksi dari kotoran kaki dan berbagai penyakit kulit yang terdapat di tempat itu. Begitupula dengan mencuci muka, tangan dan kaki dengan cara diusap pada bagian-bagian tersebut akan mampu merevitalisasi aliran darah di pembuluh darah, dan ini tercermin pada kondisi psikologis orang yang beriman sehingga dapat menambah ketentraman dan ketenangan, dan menyingkirkan berbagai penyakit
emosi psikologis yang buruk. Nabi saw bersabda:
مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ خَرَجَتْ خَطَايَاهُ مِنْ جَسَدِهِ حَتَّى تَخْرُجَ مِنْ تَحْتِ أَظْفَارِهِ
“Barangsiapa berqudhu dengan baik maka akan keluarlah dosa-dosa dari tubuhnya sampai ada yang keluar dari bawah kukunya,” (HR Muslim).
Sebagaimana dikatakan al-hafizh bahwa berwudhu dalam syahadatnya dapat membuka pintu syurga bagi pelakunya.
Al-Hafizh Ibnu Rojab -rahimahullah- berkata, “Jika wudhu’ bersama dua kalimat syahadat mengharuskan terbukanya pintu surga, maka wudhu menjadi separuh iman kepada Allah dan Rasul-Nya menurut tinjauan ini.
Juga wudhu’ termasuk cabang-cabang keimanan yang tersembunyi yang tak akan dilazimi, kecuali seorang mukmin,” (Lihat Iqozhul Himam (hal. 329). Dengan demikian berwudhu sangat dianjurkan bagi seorang muslim untuk mendapatkan ridho Allah SWT. [Ma’wa/islampos]
sumber:https://www.islampos.com/masya-allah-ini-dia-manfaat-wudhu-155907/

0 comments :

Post a Comment