Pages

Tuesday 3 March 2015

Mengapa Surat Al-Ikhlas Sebanding dengan Sepertiga Al-Qur’an?

AL-IKHLAS adalah surat yang mengandung tentang ke Esaan Allah, selain itu banyak lagi yang dijelaskan di dalam surat al-ikhlas. Al-Ikhlas pun sering kita jadikan surat yang dibaca ketika shalat sunnah ataupun ibadah yang lainnya.
Mengenai surat Al-Ikhlas Rasulullah SAW pernah bertanya sebuah teka-teki kepada sahabat2nya: “Siapakah antara kamu yang dapat mengkhatamkan al-qur an dalam jangka masa singkat (dua-tiga minit)?” Tiada seorang dari sahabatnya yang menjawab. Malah Sayyidina ‘Umar bin Khattab r.a. (Radliyallahu ‘anhu) telah mengatakan bahwa mustahil untuk mengkhatamkan Al-Qur an begitu cepat. Kemudian Sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib. Mengangkat tangannya, menyatakan kesanggupan. Sayyidina ‘Umar berkata kepada Sayyidina ‘Ali bahwa Sayyidina ‘Ali (yang masih muda pada waktu itu) mungkin tidak tahu apa yang dikatakannya itu.

kemudian Sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib membaca “surah al-ikhlas” tiga kali. Rasulullah SAW menjawab dengan mengatakan bahwa Sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib benar. Kemudian menerangkan bahwa membaca Surah Al-Ikhlas sekali, ganjarannya sama dengan membaca 10 juz kitab Al-Quran atau sepertiga Al-Qur an…. jika membaca “surah al-ikhlas” sebanyak tiga kali khatamlah al-quran, karena dengan membaca sebanyak tiga kali, sama seperti dengan membaca seluruh 30 juz Al-Quran.
Dalam sabda Nabi SAW, “Qulhuwallahuahadun ta’dilu tsulusal qur’aan”, yang artinya surat Qulhuwallahu Ahad sebanding dengan sepertiga Al-Quran, (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, Nas’I, Tirmidzi, Ibnu Majah)
Pertanyaannya, apakah dengan pahala yang disabdakan Rasul mengenai bandingan bacaan dalam surat al-ikhlas akan mendapat ganjaran sama sepertiga Al-Qur’an, lantas apakah tidak perlu membaca Qur’an lagi ?
Sesungguhnya karunia Allah sangat luas. Dia telah memberi banyak karunia kepada ummat ini. Dia mengganti pendeknya usia dengan tambahan pahala atas amalan yang sedikit. Yang mengherankan, hal itu menjadikan sebagian manusia bukan malah lebih bersemangat untuk menambah kebaikan tetapi semakin membuatnya malas untuk beribadah, atau malah merasa heran dan mengingkari adanya karunia dan pahala yang besar ini.
Perlu diketahui, bahwa sebandingnya surat Al-Ikhlas dengan sepertiga Al-Qur’an, mengandung tiga hal: ma’rifat kepada Allah, akhirat dan kepada sirathal mustaqim, ketiga ma’rifat tersebut tergolong sebagai sentral prioritas, sedangkan yang lainnya pendukung.
Telah hadir hadits shahih dari Nabi saw yang menunjukkan bahwa surat al-Ikhlash “Qulhuwallah” setara dengan sepertiga alQur’an.
Diantaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari (6643) dari Abu Sa’id ra, bahwa ada seseorang mendengar orang lain membaca “Qulhuwallah” dia mengulang-ulanginya, maka di pagi harinya dia mendatangi Rasulullah saw lalu menceritakannya, seolah-olah orang ini menganggapnya sedikit. Maka Rasul saw bersabda: “Demi Allah yang jiwaku ada ditangan-Nya, sesungguhnya ia menyamai sepertiga al-Qur’an.”
Imam Muslim meriwayatkan (811) dari Abu Darda’ dari Nabi saw beliau bersabda: “Apakah salah seorang kamu tidak mampu membaca sepertiga al-Qur’an dalam satu malam? Mereka bertanya: “Bagaimanakah ia membaca sepertiga al-Qur’an? Beliau bersabda: [قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ] menyamai sepertiga al-Qur’an.”
Sumber: Jawahirul Qur’an/Karya: Imam Ghazali/Penerbit: Risalah Gusti
Bersambung.
https://www.islampos.com/mengapa-surat-al-ikhlas-sebanding-dengan-sepertiga-al-quran-163595/

0 comments :

Post a Comment